Softskill : Pengantar Ilmu Sosial Dasar

|

A. Hakekat dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar dan Budaya Dasar

ISD bukanlah suatu ilmu disiplin tersendiri melainkan lebih memberatkan kepada penekanan nilai dan pedoman bagi penyelenggara program bidang study guna mengantarkan mahasiswa untuk memantapkan moral dan kepribadian serta melatih kepekaan bersosialisasi dan hidup bermasyarakat.
Dari Pemahaman yang di peroleh kajian ISBD, mahasiswa di targetkan mampu mengorientasikan diri untuk selanjutnya bisa menentukan ke arah mana pemecahan masalah harus di lakukan. pendekaran dalam ISBD lebih bersifat interdisiplin atau multi disiplin.
selain itu, Mahasiswa yang juga sebagai calon ilmuwan dan profesional harapan bangsa di tuntut mampu bertindak secara arif dan bijaksana.


B. Ilmu Sosial dasar sebagai MK kehidupan bermasyarakat


  • sebagai pencerah dah penunjuk arah bagi Mahasiswa untuk menjadi pribadi yang berjiwa pancasila sehingga mampu menjadi individu yang berkepribadian tinggi
  • Memiliki rasa kepedulian yang tinggi dan memiliki wawasan budaya yang luas
  • takwa kepada Tuhan YME dan mampu bersikap sesuai ajaran agamanya, serta memiliki sifat tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain

C. Tujuan ISD dan IBD



  • Memahami dan menyadari adanya masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat dan harus di selesaikan
  • Mahasiswa di giring untuk peduli dan mampu menyelesaikan masalah-masalah sosial yang ada di lingkungan masyarakat
  • Dapat mengerti jalan pemikiran para ahli sehingga dapat mempermudah untuk menanggulangi masalah-masalah yang muncul di masyarakat

D. Perbedaan dan Persamaan ISD dan IBD
  • Perbedaan
  1. Ilmu sosial dasar biasanya di berikan ketika kita masih menginjak jenjang Sekolah Dasar maupun Sekolah Lanjutan.
  2. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Budaya Dasar merupakan 
  • Persamaan 
  1. merupakan bahan studi untuk kepentingan pendidikan
  2. keduanya dalam disiplin ilmu yang berdiri sendiri



*Dikutip dari berbagai Sumber*



0 komentar:

Posting Komentar